SeputarJonggol.com – Setelah menjadi polemik berkepanjangan, akhirnya Habib Rizieq Syihab akan pulang kembali ke tanah air.
Kepulangan Rizieq tersebut dijadwalkan tiba di Indonesia pada Selasa (10/11/20) sekitar pukul 09.00 WIB dengan menumpang pesawat Saudi yang bertolak pada pukul 19.30 waktu setempat.

Saat dikonfirmasi mengenai keberangkatan Rizieq oleh media, Panglima Laskar Pembela Islam (LPI) Maman Suryadi mengatakan bahwa dirinya belum begitu paham. “Saya kurang paham, tapi sesuai jam terbang, sudah di pesawat,” ujar Maman pada Senin (9/11/20) malam.
Maman juga menambahkan bahwa kepulangan Rizieq Syihab ke Indonesia juga didampingi oleh tim dari FPI.
“Ada tim kita 19 orang. Kita belum ada info dari tim sana, mungkin sudah naik pesawat, sudah dimatikan teleponnya,” kata dia.

Hal senada disampaikan salah satu Tim Kuasa Hukum FPI, Azis Yanuar. Azis mendapatkan kabar kepulangan Habib Rizieq berjalan lancar.
“Betul sudah di pesawat alhamdulillah. Alhamdulillah nggak (ada kendala),” kata Azis saat dihubungi terpisah.

Kepulangan Imam Besar FPI akan dijemput pengikutnya. FPI menyiapkan tim pengamanan untuk menyambut kepulangan Habib Rizieq.
“Jadi ana selaku tim dari penjemputan Imam Besar Rizieq Syihab kami menyiapkan tim pengamanan khusus dari Laskar Pembela Islam (LPI),” kata Panglima LPI Maman Suryadi di Petamburan, Jakarta Pusat, Senin (9/11).

Maman mengatakan pihaknya telah menyiapkan pengamanan di Bandara Soekarno-Hatta. Selain itu, kata dia, ada juga tim yang disiapkan menjaga keamanan di wilayah Petamburan.
“Yang mana dari tim kami ini, yang pertama memang ada tim yang menjemput langsung di bandara, di terminal 3 dan juga ada tim pengamanan kami yang berada di Petamburan,” jelasnya.

Akan ada Peningkatan Pengamanan di Bandara

Pihak Bandara Soekarno-Hatta menyebut akan ada peningkatan pengamanan di Terminal 3 kedatangan Internasional saat Habib Rizieq Syihab pulang ke Indonesia. Selain dari pihak bandara, personel TNI-Polri juga ikut mengamankan.

“Ada beberapa lokasi yang kita pertebal pengamanannya di beberapa titik. Seperti di Terminal 3 kedatangan. Jumlah anggota pengamanan kami (AVSEC) 970 orang. Kemudian ditambah dengan dari TNI-Polri,” ucap Plt Senior Manager of Branch Communication and Legal Bandara Soekarno-Hatta, Haerul Anwar, saat dihubungi media.
“Kira-kira lebih dari 1.000 personel (gabungan). Kalau normal kan di bawah 1.000 dari kita aja,” katanya.

Mahfud MD Minta Aparat tidak Berlebihan

Menko Polhukam Mahfud MD meminta aparat keamanan tidak bertindak berlebihan saat mengamankan kepulangan Habib Rizieq Syihab. Meski begitu, peningkatan pengamanan pasti terjadi.

“Dan saya berharap aparat juga tidak usah berlebihan, anggap ini hal reguler hanya saja karena terjadi peningkatan eskalasi orang menyambut, penjagaannya juga supaya ditingkatkan tetapi tidak usah berlebihan,” ujar Mahfud Md dalam video yang diberikan oleh Kemenkopolhukam, seperti dilihat media.

Mahfud pun meminta agar Rizieq dilindungi dari bandara menuju kediamannya di Petamburan, Jakarta Pusat. Tidak boleh ada tindakan represif terhadap Rizieq dan pengikutnya yang menjemput.

“Tidak boleh ada tindakan-tindakan yang sifatnya represif semua harus dikawal dengan baik sampai Habib Rizieq tiba di kediamannya dengan baik dan selamat,” ujarnya. (PY/dari berbagai sumber)