SeputarJonggol.com – Pelarian Ferdian Paleka, Youtuber yang membuat video prank bagi-bagi bingkisan berisi sampah dan batu, dikabarkan berakhir di Jalan Tol Tangerang-Merak, Banten, Jumat (8/5/2020) dini hari.
Petugas Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polrestabes Bandung meringkus Ferdian dan seorang temannya di jalan tol itu setelah berhasil menghentikan laju kendaraan yang ditumpangi tersangka.
Kabar tentang tertangkapnya Ferdian beredar luas di semua platform media sosial. Beberapa netizen netizen mengunggah foto dan video penangkapan Ferdian.
Di foto tersebut, penampilan Ferdian tampak berbeda. Rambut Ferdian yang saat membuat video prank berwarna pirang, sedangkan saat ditangkap rambut pemuda itu hitam.
Begitu juga dengan kumis tipisnya, tak tampak lagi. Yang meyakinkan bahwa foto itu Ferdian adalah, alis yang putus-putus. Saat ditangkap, Ferdian mengenakan jaket jins warna biru pupus dipadu kaus warna abu-abu.
Kini, Ferdian dan temannya dikawal petugas sedang dalam perjalanan menuju Kota Bandung. Informasi yang diterima, tim Satreskrim Polrestabes Bandung dan tersangka sedang beristirahat di rest area Tol Jakarta-Serang.
Sampai berita ini diturunkan belum diperoleh konfirmasi dari Kasatreskrim Polrestabes Bandung AKBP Galih Indragiri. Pesan singkat yang dikirimkan ke nomor ponsel Galih belum dibalas.

Sebelumnya diberitakan, Satreskrim Polrestabes Bandung melakukan penyelidikan intensif setelah menerima laporan dari empat korban prank tersebut, yakni Dini, Sani, Luna, dan Pipiw. Tak lama setelah menerima laporan, petugas berhasil mengamankan Tubagus Fahddinar, teman Ferdian.
Sedangkan Ferdian dan temannya A, melarikan diri. Petugas berhasil mengamankan mobil Ferdian, Honda Jazz D 1030 CW di Cileungsi, Kabupaten Bogor, pada Rabu 6 Februari 2020. Saat itu, petugas yang membuntuti Ferdian mendapatkan informasi bahwa mobil Ferdian berada di Cileungsi.
Semula petugas menduga mobil tersebut dikendarai oleh Ferdian. Namun saat diamankan, ternyata mobil itu dikendarai oleh orang tuanya. Sementara, Ferdian kabur dan jejaknya tak terendus. Petugas lantas mengamankan mobil tersebut ke Mapolrestabes Bandung. Selain itu, penyidik memeriksa intensif orang tua Ferdian.
Diketahui, video prank pemberian bingkisan berisi sampah dan batu viral dimedia sosial dan menuai kecaman dari warganet. Aksi prank bagi-bagi bingkisan tersebut terjadi di kawasan Kiaracondong, Jalan Ibrahim Adjie, Kota Bandung pada Jumat 2 Mei 2020 dini hari.
Para pelaku, Ferdian Paleka, Tubagus Fahdinar atau TB, dan A, membagikan bingkisan dalam kardus berisi sampah dan batu tersebut ke beberapa waria yang mangkal di kawasan itu. Bingkisan tersebut juga diberikan kepada sekelompok anak-anak.
Tindakan tak terpuji Ferdian Paleka dan kawan-kawan itu dilakukan semata untuk menambah konten Youtube dan subscriber. Setelah viral dan dikecam netizen, Ferdian Paleka menghapus video itu baik di akun Youtube maupun Instagram miliknya.
Namun kasus terus berlanjut setelah empat waria yang menjadi korban prank melapor ke Satreskrim Polrestabes Bandung pada Minggu 3 Mei 2020 malam. (dari berbagai sumber)