1 of 8

SeputarJonggol.com – 10 Rekomendasi Kamera Canon Terbaik (Terbaru Tahun 2022). Canon adalah salah satu merek kamera terkenal dan banyak digemari oleh pengguna. Fitur-fitur canggih dan spesifikasi yang lengkap membuat kamera Canon banyak dicari, baik oleh pemula maupun profesional. Ada berbagai jenis kamera Canon yang tersedia di pasaran. Namun, tipe kamera Canon seperti apa yang harus dipilih?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kami akan mengulas cara memilih kamera Canon yang bagus. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan sepuluh kamera Canon terbaik, mulai dari IXUS 285 HS, Canon EOS 1500D, Canon EOS R, dan lainnya. Pengin tahu lebih jauh tentang 10 Rekomendasi kamera canon terbaik? Yuk, baca terus artikel ini selengkapnya!

Cara memilih kamera Canon
Sebelum membeli kamera Canon, pastikan produk yang Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Pertimbangkan tentang jenis kamera, ukuran sensor kamera, dan fitur-fitur dalam kamera Canon. Agar tidak salah pilih, mari simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Sesuaikan dengan kebutuhan penggunaan
Setiap kamera Canon dirancang dengan berbagai fitur canggih untuk memenuhi kebutuhan pengguna. Walaupun begitu, Anda juga perlu mempertimbangkan tujuan penggunaan. Untuk itu, kami akan menjelaskan jenis-jenis kamera Canon untuk melengkapi informasi Anda.

Kamera pocket/saku, efisien dan praktis untuk digunakan

2 of 8

Bila Anda mencari kamera yang efisien dan praktis untuk digunakan, kami menyarankan kamera pocket. Kamera pocket memiliki keunggulan sebagai berikut:

  • Kamera pocket atau kamera saku memiliki ukuran kecil, ringkas, dan ringan. Anda dapat memasukkan kamera ini ke dalam saku.
  • Mudah dioperasikan sehingga sangat cocok digunakan oleh fotografer pemula.
  • Harganya lebih terjangkau dibandingkan kamera jenis lain sehingga cocok Anda yang memiliki budget terbatas.

Kekurangan kamera pocket ada pada hasil gambarnya yang tidak bisa sedramatis kamera DSLR. Hal ini disebabkan karena kamera pocket hanya dibekali lensa yang menempel pada bodi kamera. Jadi, Anda tidak dapat bereksplorasi dengan bebas, misalnya membuat gambar lebih bokeh atau melakukan pembesaran lebih jauh.

Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir. Sekarang ini, Anda dapat menemukan jenis kamera pocket Canon yang dirancang untuk profesional. Misalnya saja seri PowerShot G7 X Mark II, PowerShot G5 X Mark II, atau PowerShot G1 X Mark III. Selain perangkat kamera yang canggih, jangan lupa bahwa gambar yang bagus juga berasal dari skill fotografi yang mumpuni.

Kamera mirrorless, hasil memuaskan dan fleksibel

3 of 8

Kamera mirrorless memiliki bodi lebih kecil daripada DSLR. Kamera ini digemari karena memiliki desain futuristis dan stylish. Dari sisi kualitas gambar, sekilas kamera mirrorless dan DSLR memiliki beberapa kemiripan. Fitur pengaturan dan pengoperasian kamera ini dikenal relatif lebih sederhana dan mudah.

Kamera mirrorless memiliki viewfinder elektronik untuk memudahkan Anda melihat objek yang dibidik secara langsung. Viewfinder sangat membantu saat Anda menaikkan ISO atau menurunkan aperture. Dengan menaikan ISO, hasil foto yang Anda jepret tampak lebih terang. Aperture lebih kecil berarti makin banyak cahaya masuk pada kamera sehingga dapat menghasilkan foto lebih jernih.

Tidak hanya itu, melalui viewfinder Anda juga dapat melihat secara langsung perubahan warna yang terjadi. Kamera mirrorless sangat cocok untuk konten kreator yang mengutamakan kualitas gambar, tetapi membutuhkan kamera yang praktis. Misalnya untuk membuat vlog, video sinematik, fotografi jalanan, dan lainnya.

Kamera DSLR, cocok untuk profesional

4 of 8

Dalam 10 Rekomendasi Kamera Canon Terbaik, Kamera DSLR memiliki bodi lebih besar dan kukuh dibandingkan kamera pocket dan mirrorless. Kamera DSLR direkomendasikan untuk fotografer profesional. Hasil foto kamera DSLR Canon pun jernih dan sangat memuaskan.

Ketahanan baterai kamera DSLR juga diklaim lebih baik dibandingkan kamera mirrorless. Hal ini disebabkan karena komponen elektronik kamera DSLR lebih sedikit. Kamera DSLR juga masih menggunakan cermin untuk memantulkan cahaya dari lensa ke viewfinder. Hasilnya, gambar yang Anda lihat melalui viewfinder akan terlihat sama persis dengan objek asli.

Keuntungan memakai kamera DSLR adalah Anda memiliki pilihan lensa yang cukup beragam. Anda dapat menemukan banyak pilihan lensa, mulai dari jenis fixed, wide angle, telephoto, hingga macro. Jika profesionalitas kerja menjadi hal terpenting untuk Anda, kamera DSLR adalah pilihan terbaik.

Perhatikan ukuran sensor kamera

Setiap kamera memiliki ukuran sensor berbeda-beda dan ini akan memengaruhi kualitas gambar yang akan Anda dapatkan. Untuk mengetahui secara lebih lengkap, simak ukuran sensor kamera Canon dan keunggulannya masing-masing.

APS-C: Banyak pilihan lensa dengan harga lebih terjangkau

5 of 8

Apabila dilihat secara fisik, kamera Canon dengan sensor APS-C dan mirrorless tidak jauh berbeda. Perbedaan sensor dari kedua jenis kamera tersebut ada pada komponen di dalamnya. Umumnya, sensor APS-C memiliki ukuran di bawah 35 mm. Ukuran paling umum yang digunakan pada merek Canon adalah 22,5 x 15 mm. Harga kamera Canon dengan sensor APS-C juga lebih terjangkau dibandingkan mirrorless.

Kelebihan kamera dengan sensor APS-C terletak pada bobot dan ketersediaan lensa. Kamera ini relatif lebih ringan dan fleksibel untuk semua jenis lensa. Apabila Anda senang memotret objek jarak jauh, crop factor pada lensa APS-C sangat membantu. Misalnya ketika Anda menggunakan lensa dengan focal length 200 mm. Setelah terkena crop factor lensa tersebut akan memiliki ukuran sejauh 300 mm.

Kekurangan kamera dengan sensor APS-C terletak pada cakupan ruang bidiknya. Untuk mendapatkan hasil foto landscape indah, Anda harus menggunakan lensa superwide. Kelemahan kamera dengan sensor APS-C juga terasa ketika dipakai untuk memotret pada kondisi gelap. Bagi sebagian orang, kondisi seperti ini cukup mengganggu. Untuk itu, Anda tidak disarankan menggunakan ISO terlalu besar agar noise dapat diminimalkan.

Full frame: Ukuran gambar lebih lebar dan tajam

6 of 8

Kamera dengan sensor full frame umumnya memiliki ukuran sensor lebih besar daripada kamera APS-C, yakni 36 x 24 mm. Ukuran sensor besar ini membuat bodi kamera terasa lebih berat saat dibawa. Ukuran sensor juga memberi pengaruh terhadap dynamic range. Artinya, dengan sensor lebih besar, kamera seri full frame lebih unggul dalam menangkap cahaya.

Kamera dengan sensor full frame juga memengaruhi cakupan bidikan. Apabila Anda menggunakan lensa ultra wide berukuran 18 mm, kamera tidak akan terkena crop factor. Artinya, tampilan yang akan muncul di kamera benar-benar berukuran 18 mm. Hal ini berbeda dengan APS-C yang akan terkena crop factor menjadi 1,5x. Untuk itu, banyak fotografer landscape menggunakan kamera bersensor full frame.

Kekurangan dari kamera ini adalah tidak semua lensa APS-C cocok dipasangkan pada kamera bersensor full frame. Meskipun kualitas gambar tidak berubah, sudut pandangnya akan mengalami perubahan. Hal ini dikarenakan lensa APS-C memiliki sensor lebih kecil sehingga tidak dapat mencakupi bidang kamera full frame.

Pertimbangkan fitur-fitur yang bermanfaat sesuai kebutuhan

7 of 8

Untuk mendapatkan hasil foto yang optimal, perhatikan setiap fitur yang ditawarkan oleh kamera Canon. Apabila Anda berprofesi sebagai videografer, memilih kamera dengan format perekaman 4K adalah pilihan tepat. Perhatikan juga ketersediaan jack mikrofon yang mendukung pemasangan perangkat audio tambahan. Dengan demikian, Anda dapat sharing ke laptop, komputer, atau perangkat lain.

Fungsi Log atau C-Log pada kamera juga perlu diperhatikan. Fitur ini memungkinkan Anda untuk menampilkan detail warna asli dari lokasi pengambilan gambar. Saat mengaktifkan fitur Log atau C-Log, background dan warna objek gambar akan terlihat lebih flat. Karena itu, fungsi Log pada kamera cocok bagi Anda yang memiliki rencana grading saat proses editing.

8 of 8

Bila Anda membutuhkan kecepatan tinggi, pilihlah kamera dengan autofokus yang cepat. Perhatikan pula ketersediaan stabilisasi gambar pada bodi kamera agar gambar yang dihasilkan tidak blur. Hal yang tidak kalah pentingnya adalah teknologi tracking dan mode burst-nya. Fitur ini sangat membantu Anda ketika memotret objek bergerak, seperti event olahraga, kehidupan satwa liar, dan lainnya. Demikianlah artikel tentang 10 Rekomendasi Kamera Canon Terbaik. (dari berbagai sumber)